Resep Cara Membuat Torakur (Tomat Rasa Kurma) Legit

Resep Cara Membuat Torakur (Tomat Rasa Kurma) Legit - Jika pada bulan Ramadhan tiba kita sering disuguhkan dengan makanan takjil yang manis-manis, salah satunya torakur alias tomat rasa kurma. Torakur sendiri dikenalkan oleh Ibu Sri Ngestiwati dan kini menjadikan torakur sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandungan, Kabupaten Semarang.

resep membuat torakur picture

Manisan tomat ini memiliki rasa yang hampir seperti kurma, bukan hanya itu bentuk torakur percis seperti kurma. Torakur menjadi pilihan masyarakat sebagai manisan pilihan saat buka puasa maupun hari raya. Nah, bagi Anda yang ingin membuat torakur bisa ikuti langkahnya dibawah ini.

Bahan Membuat Torakur

Bahan membuat torakur diantaranya tomat merah 1000 gram carilah tomat yang tidang terlalu matang, untuk bahan lainnya seperti gula pasir 200 gram dan juga kapur sirih yang telah larut sebanyak 1 sendok teh.

Cara Membuat Torakur

Langkah pertama, cucilah tomat hingga bersih lalu rendam kedalam larutan kapur sirih selama 2 s.d 3 jam. Langkah kedua, keluarkanlah biji-biji tomat dengan menekannya (pijit) lalu cuci sampai bersih. Langkah ketiga, masukan tomat kedalam panci dan susun secara rapih, taburkan gula pasir secara merata dan diamkan semalam. Langkah keempat, masak tomat tersebut dengan api kecil hingga tomat tersebut kering namun tidak gosong. Langkah kelima, jemur tomat-tomat tersebut dengan tampan atau nyiru selama 3 hari. Langkah keenam, jika tomat berwarna seperti kurma masukanlah kedalam toples dan disajikan untuk camilan.

Torakur atau tomat rasa kurma merupakan salah satu manisan tomat kering yang kini menjadi camilan baru saat buka puasa atau santai. Selain resep cara membuat torakur atau manisan tomat kering, bunda veera juga akan membahas manisan tomat basah dipembahasan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Torakur (Tomat Rasa Kurma) Legit