Resep Membuat Cilok Goreng Bumbu Kacang Khas Bandung

Resep Membuat Cilok Goreng Bumbu Kacang Khas Bandung - Cilok merupakan kuliner khas sunda yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu dan tepung tapioka. Cilok termasuk jajanan yang paling banyak disukai entah oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

cilok goreng bumbu kacang picture

Cilok memiliki beragam varian salah satunya cilok goreng. Cilok goreng mungkin terbilang baru, namun kini banyak sekali penggemarnya. Bagi Anda yang ingin membuat cilok untuk usaha kecil-kecilan ataupun untuk disajikan bersama keluarga, reseveera akan berbagi resep membuat cilok goreng. Untuk bahan dan cara pembuatan bisa simak dibawah ini.

Bahan Pembuatan Cilok Goreng Bumbu Kacang

Bahan-bahan yang digunakan yakni tepung tapioka 100 gram, tepung terigu 100 gram, ebi 2 sdm yang telah di sangrai dan haluskan, bawang daun 2 batang yang telah diiris halus, lada ½ sdt, air hangat 200 ml, gula 1 sdt, dan garam 1 sdt.

Bahan bumbu kacang yakni kacang tanah 100 gram yang telah disangrai, cabe merah keriting 3 biji lalu iris halus, bawang putih 1 siung lalu iris halus, gula jawa 25 gram yang telah disisir lembut, kecap manis 1 sdt, air panas 100 ml, dan garam 1 sdt.

Cara Pembuatan Cilok Goreng Bumbu Kacang


  1. Masukan semua bahan kedalam wadah kecuali air, aduk hingga rata.
  2. Tuangkan air secara perlahan kedalam wadah, sambil mengaduk-aduk adonan.
  3. Ambilah sedikit adonan dengan sendok, lalu buatlah bulatan cilok. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Masukan bulatan cilok tersebut kedalam panci, dan rebuslah hingga matang.
  5. Gorenglah cilok yang telah matang dengan minyak secukupnya.
  6. Setelah itu, buat juga bumbu kacang dengan menumis bawang putih, cabai merah hingga aromanya tercium harum dan wangi, angkat.
  7. Lalu, haluskan bawang putih, kacang tanah serta cabai merah hingga halus lalu masukan gula, kecap manis, garam, serta air panas, dan aduk rata.
  8. Setelah semua selesai, sajikan cilok goreng dan bumbu kacang.

Aneka resep cilok yang lain diantaranya cara membuat cilok rebus, cara membuat cilok goreng telur, resep cilok goreng renyah, cara membuat cilok goreng sederhana, resep cilok goreng setiabudi, resep cilok goreng isi, cara membuat cimol goreng, dan resep cilok goreng ncc.

Selamat mencoba...
BACA JUGA: Resep Membuat Bubur Susu Bayam Bergizi untuk Bayi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Cilok Goreng Bumbu Kacang Khas Bandung