Resep Membuat Es Mambo Rujak Enak Segar di Rumah

Resep Membuat Es Mambo Rujak Enak Segar di Rumah - Es mambo merupakan es tradisional dan sangat populer sebagai jajanan sekolah jaman dulu. Es mambo dengan memiliki bentuk seperti stik dan sangat disukai oleh banyak kalangan anak-anak bahkan dewasa.

es mambo rujak picture

Es mambo biasanya memiliki banyak varian rasa seperti rasa buah-buahan, rasa coklat, dan ada juga rasa rujak. Untuk menemukan es mambo di jaman sekarang, agak susah karena sudah banyak es yang lebih modern seperti es krim ataupun pop ice. Nah, bagi Anda yang ingin membuatnya di rumah bisa simak caranya dibawah ini.

Bahan Pembuatan Es Mambo Enak

Bahan yang digunakan yakni 2 ½ ltr air bersih, gula pasir sebanyak 250 gr, bengkuang sebanyak 250 gr yang telah diiris, buah mangga sebanyak 250 gr yang telah diiris, buah nanas sebanyak 250 gr yang telah diiris, buah pepaya sebanyak 250 gr yang telah diiris sesuai selera. Untuk bumbu halusnya yakni gula merah sebanyak 150 gr, cabe rawit sebnayak 5 buah, air perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan, air asam jawa sebanyak 7 sendok makan, garam sebanyak ½ sendok teh, dan cabai merah kriting sebanyak 3 buah. Dan untuk bahan untuk pelengkap yakni karet gelang sebanyak 25 buah dan plastik es sebanyak 25 buah.

Cara Pembuatan Es Mambo Enak


  • Pertama, buatlah rujak terlebih dahulu seperti siapkan panci kecil tuangkan air, bumbu rujak, dan gula pasir.
  • Kemudian rebus air hingga mendidih dan angkat dan saring airnya.
  • Lalu, masukan bumbu rujak kedalam rebusan air tadi, lalu aduk hingga semua buah-buahan tercampur rata.
  • Agar dingin, masukan rujak kedalam kulkas selama setengah jam.
  • Setelah itu, siapkan plastik dan karet gelang. Lalu, tuangkan es rujak kedalam plastik dan ikat rapat. Agar menjadi es mambo, masukan kedalam freeser hingga membeku.
  • Setelah membeku, sajikan es mambo bersama keluarga Anda.

Selamat mencoba.
BACA JUGA: Cara Membuat Wedang Tomat Hangat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Es Mambo Rujak Enak Segar di Rumah