Resep Koloke Ayam Asam Manis Nan Lezat

Resep Koloke Ayam Asam Manis Nan Lezat - Makanan koloke sudah tersebar keseluruh nusantara sehingga bisa kita temukan diberbagai daerah. Namun sebenarnyan makanan koloke merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok. Makanan koloke dibuat dari olahan daging, biasanya yang sering ditemukan yaitu koloke daging ayam. Kolake ayam memiliki rasa yang sangat lezat terutama dengan saus asam manisnya yang membuat orang menjadi ketagihan.

resep koloke ayam asam manis renyah picture

Kolake ayam bisa ditemukan di angkringan-angkringan terutama di kota-kota besar dan juga dibeberapa restaurant. Kolake ayam bisa menjadi menu makan special, Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah dan hemat kantong pastinya.

Bahan Pembuatan Koloke Ayam

Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan koloke ayam diantaranya buah nanas 1/2 dipotong seperti dadu, bawang bombay 1/2 dipotong secara memanjang, tepung tapioka secukupnya, wortel 1 buah dipotong secara memanjang, dan daging ayam segar 350 gram dicincang kecil-kecil. Bahan rendaman antara lain merica bubuk secukupnya, tepung kanji 10 gram, garam 1 sdt, dan kecap rasa asin secukupnya. Bahan pembuatan saus antara lain gula 1 sdt, saus tomat 5 sdm, bawang putih 2 siung dicincang halus, garam 1/2 sdt, merica bubuk 1/4 sdt, cuka 1 sdt, saus sambal 5 sdm, dan meizena 1 sdt yang telah dilarutkan dengan sedikit air.

Cara Pembuatan Koloke Ayam

Langkah pertama rendamlah ayam yang telah dipotong kecil selama 15 menitan pada air rendaman yang telah tercampur. Langkah kedua, masukan dan gulingkan ayam kedalam tepung tapioka, lalu goreng dengan minyak yang telah disiapkan. Langkah ketiga, setelah matang angkat ayam tersebut dan tiriskan. Langkah keempat, buatlah tumisan bawang putih, lalu masukkan bahan saus lainnya setelah matang siram saus tersebut ke ayam yang telah digoreng tadi. Langkah terakhir, sajikan koloke ayam saus asam manis ke meja yang telah disiapkan.

Resep koloke ayam merupakan salah satu resep koloke chinese food, selain resep koloke ayam asam manis renyah ada beberapa resep koloke yang sangat wajib dicoba yakni resep koloke jamur renyah, resep koloke udang asam manis renyah, resep koloke ayam crispy,  dan juga resep koloke ikan asam manis renyah. Menu makan koloke ayam bisa menjadi menu pilihan keluarga, selamat mencoba.
BACA JUGA: Cara Membuat Pizza Sederhana dan Cepat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Koloke Ayam Asam Manis Nan Lezat